Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang Sejarah Komputer.
PENGERTIAN
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan
elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama
antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi
berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah
meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg
pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya
sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum
dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer
tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah
komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
SEJARAH KOMPUTER
1. Generasi Pertama ( 1946 -1959 )
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetic untuk penyimpanan data.
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan
komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan
komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang
sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang
dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan
dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang
diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memprosesinformasi keuangan.
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi
merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke
dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer
menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam
chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem
operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan
berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC)
untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang
digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta
unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan.
Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari
komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer
yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang
dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem
grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer
yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan peranti
mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,
cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring
dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer
tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk
saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat
saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan
langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel
telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena
tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan
dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan
(artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan
belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak
fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat
menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh
lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa
pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian
ketimbang sekadar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara
serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya
dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang
menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa
perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Pada
dasarmya cara kerja komputer cukup sederhana.Namun, banyak orang yang
justru mengartikan bahwa cara kerja komputer sangatlah rumit. Ini
yang menjadikan pola pikir masyarakat modern mulai tergoyahkan.
Terlepas dari hal tersebut, komputer bekerja secara otomatis berkat
kerjasama antarkomponen, baik itu komponen internal ataupun komponen
eksternal komputer.
Komputer
terbagi atas tiga golongan, yaitu perangkat input,
process/pemrosesan, dan perangkat output.Ketiga golongan tersebut
selalu terintegerasi untuk melaksanakan perintah yang diberikan oleh
brainware (pengguna komputer).
1.Input ( Masukan )
Tahap
pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang
terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah
ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan
masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll.
Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak
diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf,
angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang
selanjutnya akan diproses.
2. Proces ( pemrosesan )
Data
yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses.
Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang
mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk
perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data
yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data
tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
3. Output ( Keluaran )
Kemudian,
data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian
diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan
ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti
menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy
berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.
Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor,
projector, printer, dll.
4. Storage ( Penyimpanan )
Tahap
ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan
(storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk
proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat
disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa
digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut.
KESIMPULAN
Kesimpulanya,
sistem komputer dalam melakukan operasi pengolahan data terdiri dari
tiga tahap dasar yaitu pemasukan data (input), pengolahan data (
processing ), dan mengeluarkan hasil (output). Untuk melangkah antara
tahap satu ke tahap berikutnya padaperangkat keras yang digunakan
(hardware ), harus diperintahkan atau dikendalikan oleh pemakai atau
pengguna (brainware), dengan menggunakan operasi atau perintah
tertentu berupa perangkat lunak (software ) pada komputer. Tahap
pengembangan dari pengolahan data dasar diatas yaitu ditambah dengan
perangkat penyimpan data atau informasi (storage devices ), dan
dibentuk dengan model siklus pengolahan data (data processing cycle
).
Demikian ilmu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfa'at. Apabila ada kesalahan saya mohon ma'af.
Wasalamualaikum wr.wb
Referensi : wikipedia
0 comments:
Post a Comment